Development

Golang | Instalasi #1

Pinterest LinkedIn Tumblr

Halo teman-teman, kali ini ada pembahasan tentang Golang loh. Yuk belajar dulu.

Menurut wikipedia.org Golang itu adalah bahasa pemrograman yang di buat oleh google. Go ini sendiri dulunya hanya di gunakan untuk internal saja atau hanya untuk perusahaan google. Namun pada tahun 2009 oleh Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson menjadikan Go sebagai open source yang dapat dipakai oleh siapa saja. Dan juga Go itu ialah bahasa pemrograman yang dihimpun dan diketik dalam bahasa C, dengan fitur pengumpulan sampah, penulisan terstruktur, keamanan memori, dan pemrograman yang konkuren serta berururtan.

Nah jadi di part 1 ini kita hanya akan membahas tentang cara instalasi dan configure untuk GOPATH.

Pertama kita download dulu Golang di websitenya https://golang.org/

Lalu setelah kalian klik itu, kalian akan diberi pilihan untuk memilih versi mana yang akan kalian gunakan. Karena kali ini saya menggunakan Jendela maka saya pilih Jendela.

Nah, setelah kalian selesai downloadnya silahkan kalian install seperti biasa. Tempat menyimpannya default juga gapapa biar gampang aja, tapi kalo emang mau secure biar sewaktu device kalian melakukan install ulang ya kalian simpan di selain C:, karena kalo kalian simpan di C: terus kalian melakukan install ulang maka semua data yang kalian belum back up akan terhapus semua.

Lalu setelah instalasi kita melakukan yang namanya GOPATH Configuration, yaitu agar command Go dapat dilakukan di cmd kita (kalo jendela).

Yang pertama kita masuk ke environment, yaitu dengan cara mencari yang namanya edit the system environment variables.

Setelah masuk ke environment variable kita isi dulu pada user variable for user (nama pc-mu). Lalu kita tambahkan variable dengan nama GOPATH dengan value dimana tempat kamu simpan GOPATH itu. Ohiya sebelum itu kita bikin dulu folder baru ya buat simpan GOPATH kamu, terus kalian isi pake bin, src, dan pkg. Masing-masing folder kosong dulu.

Jadi folder gocode itu folder untuk menyimpan GOPATH ya.

Bisa kita lihat ya, untuk yang 1 itu kita melakukan editing atau penambahan pada variable path. Dimana kita menambahkan letak dari GOPATH kita. Lalu untuk ke 2 kita menambahkan variable dengan nama GOPATH dan dengan value tempat tersimpannya yaitu di C:\gocode. Setelah langkah ini selesai kita coba menjalankannya dengan mengetik di cmd “go”

Bila sudah seperti ini berarti Golang kita sudah terinstall dengan baik ya, dan jika kita mau melihat versi berapa tinggal ketik aja “go version”

Nah kan yang aku pake itu versi 13.1, lalu kita lihat lagi apakah GOPATH yang tadi kita konfigurasikan sudah terpasang atau belum yaitu dengan mengetik “go env”

Tuhkan terlihat dimana kita menyimpan GOPATH.

Sekian dari saya untuk materi Golang kali ini, mungkin kedepannya akan ada materi-materi yang lain seperti PHP, Laravel, JAVA, Kotlin, Python, Flutter, CI, Django, atau mungkin AI ( Artificial Intelligence). Jadi tungguin aja ya, atau mungkin nanti akan pindah ke website sendiri.

Author

Write A Comment